Kesehatan

Penyebab Perut Kembung dan Sinusitis serta Cara Mengatasinya

Spread the love

Cara Mengatasi Perut Kembung

Apabila perut di tepuk terdengar berbunyi bung.. bung, dapat dipastikan Anda mengalami kembung. Salah satu keluhan pencernaan yang sering dialami kebanyakan orang adalah perut kembung. Hal inilah yang memicu produsen untuk mengiklankan obat mengatasi perut kembung dengan cepat. Sebagai konsumen Anda harus pandai memilih dan tidak mudah tergiur.
Penyebab Perut Kembung
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut kembung, antara lain:
1. Saat makan maupun minum menelan udara.
2. Terlalu berlebihan mengonsumsi minuman bersoda.
3. Makan dengan tergesa – gesa.
4. Hormon tidak stabil. Ini sering terjadi pada wanita dalam fase pre-menstrual.
5. Infeksi saluran pencernaan (seperti diare akibat infeksi bakteri, parasit, maupun virus).
6. Merokok
7. Sembelit
Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Perut Kembung
Beberapa makanan dapat menyebabkan perut kembung karena dapat meningkatkan produksi gas dalam perut, sehingga konsumsinya harus dikurangi. Adapun makanan tersebut yaitu:
1. Sayuran dengan kandungan gula kompleks yang sulit bagi tubuh untuk terurai. Meliputi: kacang dan sayuran berdaun hijau, seperti asparagus, kubis, brokoli, brussel.
2. Semua makanan dan minuman yang mengandung bahan penghasil gas atau fruktosa. Meliputi: bawang, pir, minuman ringa, jus buah, dan buah – buahan lainnya.
3. Segala makanan dan minuman yang mengandung susu. Dalam Produk susu terdapat laktosa yang dapat menyebabkan gas menumpuk.

Cara Mengatasi Singuitis

Pengertian Sinusitis
Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus yang merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Saat terinfeksi, rongga ini terisi lendir dan terjadi pembengkakan selaput lendir, sehingga membuat sumbatan. Ada dua jenis sinusitis, yaitu akut dan kronis (lebih dari 12 minggu). Pengelompokan sinusitis sendiri berdasarkan durasi gejala. Selain itu, sinusitis yang berdasarkan penyebabnya yang tersering dan paling umum, yaitu akibat bakteri dan virus. Jika sinusitis disebabkan oleh virus, sinusitis akan menjadi penyakit yang menular.

Penyebab Sinusitis
Kondisi yang dapat menyebabkan sinusitis meliputi:
Flu (common cold).
Rhinitis alergi.
Polip hidung.
Septum deviasi (bengkoknya tulang hidung).
Gejala yang disebabkan oleh alergi bagi sebagian orang.

Gejala Sinusitis
Gejala sinusitis akut meliputi:
Nyeri wajah yang memburuk saat menunduk.
Cairan kental kuning kehijauan dari hidung atau belakang tenggorokan.
Hidung mampet menyebabkan kesulitan bernapas.
Tekanan pada telinga.
Sakit kepala.
Batuk.
Bau napas tidak sedap.
Kelelahan.
Demam.

Cara Mengobati Sinusitis
1. Menggunakan minyak esensial
Ketika sinusitis tiba – tiba menyerang langsung saja hirup minyak esensial. Minyak alami ini bisa digunakan untuk mengurangi tekanan sinus karena berasal dari tumbuhan. Minyak mentol adalah minyak yang sangat direkomendasikan karena bisa membuat saluran hidung terbuka.
2. Obat semprot hidung selain untuk mengatasi alergi, hidung mampet, akibat suhu dingin, atau infeksi saluran pernapasan juga berguna untuk mengatasi sinusitis. Cara pakai obat semprot hidung yaitu tinggal semprot saja ke lubang hidung Anda.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami dan apabila anda berkenan untuk memberikan kritik dan solusi untuk membangun situs kami pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Berikan komentar dan mohon bantuannya untuk membagikan situs kami dimedia sosial sobat. Karena kami akan terus membagikan artikel mengenai dunia makanan, minuman, bahkan bisnis agar dapat dinikmati oleh semua orang. Kunci kesuksesan adalah keuletan, kesabaran, kedisiplinan, bukan kesombongan. Jangan lupa untuk membagikan tulisan kami dimedia sosial anda baik difacebook, instagram, twitter, pinterest, google plus, dan dimanapun anda memiliki media sosial agar dikenal banyak orang dan menjadi bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *