Makanan Berat Makanan Pokok Makanan Ringan

Makanan Khas Semarang

Spread the love

Makanan Khas Semarang Paling Nikmat

  • Lumpia Semarang

Kuliner lumpia semarang ini memang hampir merambah seluruh daerah Indonesia. Namun kuliner ini merupakan jajanan yang memadukan cita rasa Tionghoa dan Jawa. Lumpia semarang (atau loenpia semarang) (bahasa Jawa: ꦭꦸꦤ꧀ꦥꦶꦪꦃ, translit. Lunpiyah) adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Lumpia Semarang ini memiliki enam variasi rasa yaitu rasa jamur, rasa sosis, rasa daging ayam, rasa daging sapi, rasa daging kambing, rasa ikan, dan beberapa kombinasi rasa yang lainya seperti rasa udang, rasa tahu.

  •  Garang Asem

Garang Asem Ayam adalah salah satu yang terkenal dari sekian banyak resep legendaris dari tanah Jawa. Wajib dicoba kelezatannya oleh pecinta makanan Indonesia. Pastinya Garang Asem bukanlah hal yang asing bagi para pecinta kuliner Indonesia. Masakan kebanggaan warga pantai utara Jawa Tengah ini mudah ditemukan dimana-mana kini. Kukusan ayam yang kaya dengan bumbu dan dominan rasa asam pedas ini begitu mengundang selera. Sulit untuk menolak kehadirannya, apalagi ketika bersanding dengan sepiring nasi hangat. Kali ini, aku ingin berbagi satu resep Garang Asem Ayam yang tidak kalah sedapnya namun berimbang secara sisi sehatnya. Alih-alih menggunakan santan secara keseluruhan, kali ini aku menambahkan susu cair rendah lemak sebagai penyeimbangnya. Bagi pecinta rasa yang otentik, sulit memang untuk mengganti santan sebagai elemen utama. Ini dikarenakan cita rasanya yang unik, sulit untuk ditandingi dengan susu saja. Maka dari itu, menyatukannya akan memberikan perpaduan rasa yang menarik.

  • Soto Bangkong

Soto Bangkong di Semarang bukan berarti soto katak. Kata bangkong memang dikenal luas sebagai nama lain dari katak yang berukuran besar. Namun, Soto Bangkong yang sudah didirkan hampir enam dekade itu sebenarnya merupakan soto ayam khas Semarang. Nama bangkong diambil dari nama perempatan jalan tempat warung soto ini berdiri. Konon kabarnya, diperempatan itu banyak terdapat bangkong. “Nama bangkong karena dulunya, nama perempatan ini adalang perempatan bangkong karena banyak kodok. Nah, pelanggan yang datang saat itu banyak menyebut soto ini Soto Bangkong,” kata pengelola Soto Bangkong Joko Bennyanto dalam rangkaian acara Jelajah Gizi Semarang beberapa waktu lalu.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami dan apabila anda berkenan untuk memberikan kritik dan solusi untuk membangun situs kami pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Berikan komentar dan mohon bantuannya untuk membagikan situs kami dimedia sosial sobat. Karena kami akan terus membagikan artikel mengenai dunia makanan, minuman, bahkan bisnis agar dapat dinikmati oleh semua orang. Kunci kesuksesan adalah keuletan, kesabaran, kedisiplinan, bukan kesombongan. Jangan lupa untuk membagikan tulisan kami dimedia sosial anda baik difacebook, instagram, twitter, pinterest, google plus, dan dimanapun anda memiliki media sosial agar dikenal banyak orang dan menjadi bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *