Daging Kue Makanan Berat Makanan Pokok Makanan Ringan Minuman Sayuran

Membuat Mie Yang Unik

Spread the love

Membuat Mie Dengan Melompat

Seni kuliner di China yang satu ini terbilang unik. Mie tradisional dibuat menggunakan bambu yang diduduki lalu pembuatnya berayun sambil melompat. Zaman dahulu belum ada alat canggih seperti mikser jadi orang menggunakan alat tradisional yang unik. Di China misalnya ada mie tradisional yang adonannya dicampur menggunakan bantuan mambu besar. Proses pembuatam mie ini dikenal dengan sebutan Jook Sing Mian alias Bamboo Rod Noodles. Dikabarkan The Culture Trip , mie gaya kanton yang legendaris ini sudah langka dan sulit ditemui. Untuk membuat mie ini, sang koki harus duduk di atas bambu besar lalu berayun dengan gerakan melompat hingga adonan mie tercampur rata.

Mie Tradisional Yang Lebih Elastis Dan Kenyal
Di Indonesia, restoran mie yang dibuat dengan cara ini terbilang sudah langka. Sebagian besar pengelola restoran mie telah beralih menggunakan mikser yang lebih canggih dan mudah digunakan. Padahal dengan teknik ini, mie yang dihasilkan akan lebih elastis dan kenyal. Berbeda dengan tekstur mie yang diolah dengan mikser canggih. Sekali membuat mie setidaknya dibutuhkan waktu hingga dua jam dan bisa menghasilkan hingga 100 porsi mie. Awalnya, pembuat mie akan mencampur tepung dan telur menggunakan tangan. Ketika adonan sudah menggumpal, barulah proses berayun dimulai. Adonan diletakkan di atas meja yang di atasnya sudah tersedia bambu besar. Ujung bambu ini dikaitkan pada dinding sementara ujung satunya dibiarkan menggantung sebagai tempat duduk sang koki mie. Koki akan terus berayun agar adonan tertekan oleh bambu. Hal ini dilakukan secara terus menerus hingga adonan mie kalis dan siap dicetak. Proses yang unik ini lantas menjadi daya tarik para pengunjung kedai mie. Banyak yang datang untuk mencicipi sekaligus melihat proses pembuatan mie yang tak banyak orang tahu. Tak jarang kedai mie ini diantre pembeli setiap harinya dan pada akhir pekan antrean akan mengular.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami dan apabila anda berkenan untuk memberikan kritik dan solusi untuk membangun situs kami pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Berikan komentar dan mohon bantuannya untuk membagikan situs kami dimedia sosial sobat. Karena kami akan terus membagikan artikel mengenai dunia makanan, minuman, bahkan bisnis agar dapat dinikmati oleh semua orang. Kunci kesuksesan adalah keuletan, kesabaran, kedisiplinan, bukan kesombongan. Jangan lupa untuk membagikan tulisan kami dimedia sosial anda baik difacebook, instagram, twitter, pinterest, google plus, dan dimanapun anda memiliki media sosial agar dikenal banyak orang dan menjadi bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *